Wednesday, June 24, 2015

Tragedi Galaxy Tab mati tidak mau di charge

kemarin anak saya ngambek, pasalnya tablet yang dipake main game mati nggak bisa dinyalain.

Kronologinya begini.



Kemarin tablet itu lupa diisi baterainya. Saya pikir pasti karena baterainya habis jadi nggak bisa nyala. saya tancepin ke colokan aja itu tab trus saya tinggal.

Sekitar sejam kemudian anak saya nanya mana tabletnya. Maklum anak kecil, maunya main game terus. sama kayak bapaknya. Heheh..

Pas saya ambil, lho?? Kok nggak ada indikator baterai lagi ngisi? Prasaan udah nggak enak nih. Saya lepas chargernya, saya pencet tombol power.

Nggak nyala! Matih.. rusak ini.

Info aja, tablet ini umurnya udah 3 tahun lebih, seumuran anak saya. Tipenya galaxy tab 2 yang 10".

Si kecil udah mulai ngambek aja Tau tabletnya rusak. Setelah dibujuk sama mamanya buat mainan yang lain sementara tabletnya dibenerin, baru dia agak legowo.

Tugas membetulkan tablet itu diserahkan sama saya. Haduh gimana ini...

Diagnosa pertama, mungkin chargernya rusak. Galaxy tab ini bentuk kepala colokannya nggak sama seperti hp2 lain. Tipis memanjang. Kayak gini nih



Jadi agak sulit kalo harus nyari pinjeman yang seperti itu. Berhubung sudah malam, saya memutuskan membawa tablet ini besok ke tempat penjual aksesoris dan charger hp. Biar dites sekalian.

Skip skip...
-esoknya waktu di tempat aksesoris hp.-

Saya coba pakai charger baru. duh.. tetep nggak bisa. Ya Allah.. berilah hamba kekuatan. Kalo emang harus beli tab lagi, mudah2an ada tukang kredit yang bisa bantuin saya dengan uang muka 0% dan Bunga 0% tenor 36 bulan. Cuma itu doa saya.

Lemas balik ke kantor. Saya iseng-iseng nyari tau di internet barangkali ada yang punya masalah sama kayak saya. Dan ternyata... ada! Hohoho.. semangat mulai terbarukan. Udah sedikit lupa ama tukang kredit. Caranya cukup sulit, jadi gini :

1. Download Software Samsung KIES, install di komputer. Download di sini. Pilih sistem yang sesuai dengan komputer dan tablet anda.

2. Tancepin tablet pake kabel data ke komputer. Kalo belum nyala, tekan tombol power atau power + volume.

3. Udah.

Ha? Ciyus coy? Ciyus lah. Gitu lo bilang sulit?

Beneran cuma gitu aja, indikator baterai langsung muncul lagi. Alhamdulillaaahhh.... (pake aksen Bang Jarwo). 5 menit setelah ditancepin, saya pindahin ke colokan listrik. Trus saya nyalain.

Taraaaa...! Semua kembali normal. Dan tukang kredit kembali ke rumahnya masing-masing. Anak saya nggak jadi ngambek, istri juga terselamatkan dari ancaman pengurangan belanja bulanan.

Masalah itu muncul karena tablet kehabisan daya. Jadi usahakan untuk melakukan pengisian daya sebelum baterai benar-benar habis.

Semua senang! saya harap anda juga senang baca ini? Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Sample Text

Sepakbola

Gadget

Feature

Entri Populer

Opini